Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Arikunto
Dasar dasar evaluasi pendidikan arikunto
Dasar evaluasi pendidikan, adalah tolok ukur untuk menilai berhasil atau tidaknya tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran yang meliputi dasar keagamaan, dasar filosofis, dasar sosiologis, dasar psikologis, dan dasar didaktis.
Apa yang dimaksud dengan konsep dasar evaluasi?
Evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses yang yang sistematis, berkelanjutan, dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan, dan penetapan kualitas (nilai dan arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu.
Apa saja jenis jenis evaluasi?
all (1990: 21) mengemukakan 3 jenis evaluasi, yaitu evaluasi input (inputs evaluation), evaluasi proses (process evaluation), dan evaluasi dampak (outcomes evaluation).
Jelaskan apa saja prinsip prinsip evaluasi?
Prinsip-prinsip evaluasi yaitu komprehensif, komparatif, kontinyu, obyektif, criteria yang valid, fungsional, diagnostik, keterpaduan, keterlibatan peserta didik, koherensi, pedagogis, dan akuntabel.
Apa yang dimaksud dengan evaluasi dalam pendidikan?
“Evaluasi pendidikan merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya”. Definisi yang lebih luas dikemukakan oleh dua orang ahli lain, yakni Crobach dan Stufflebeam.
Apa fungsi dan tujuan evaluasi?
1.Untuk mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. 2.Untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami seseorang dalam kegiatannya sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedia teaching.
Apa tujuan utama dari evaluasi pembelajaran?
Dengan demikian, tujuan evaluasi adalah untuk memperbaiki cara, pembelajaran, mengadakan perbaikan dan pengayaan bagi peserta didik, serta menempatkan peserta didik pada situasi pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya.
Apa saja fungsi evaluasi dalam pendidikan?
Pada hakikatnya evaluasi pendidikan memiliki tujuan untuk menciptakan generasi yang baik, juga untuk memperluas pengetahuan, dan untuk mengembangkan kemampuan diri manusia. Salah satu komponen utama untuk mengetahui tercapainya keberhasilan dalam pendidikan yaitu dengan cara evaluasi.
Apa saja peran evaluasi pendidikan?
Merupakan umpan balik bagi guru dan siswa Hasil evaluasi yang diperoleh secara objektif, akan memberikan umpan balik bagi guru sehingga guru dapat memperbaiki kelemahan yang ada pada dirinya, merevisi bahan ajar yang sudah tidak relevan dengan tujuan pengajaran, mnyempurnakan metode pembelajaran.
Apa fungsi evaluasi pendidikan bagi guru?
Ada 3 manfaat dilaksanakannya evaluasi proses dan hasil pembelajaran Manfaat-manfaat tersebut yaitu (1) Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/dilaksanakan guru (2) Membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran; dan (3) Meningkatkan kualitas proses dan
Apa yang menjadi prinsip bagi seorang guru dalam evaluasi pembelajaran?
Prinsip[ evaluasi pembelajaran juga harus bersifat praktis. Artinya, kegiatan harus menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Pada prinsip ini sangat menekankan kemudahan guru untuk menyusun instrumen penilaian yang mudah digunakan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga memungkinkan digunakan oleh guru lain.
Langkah langkah dalam melakukan evaluasi pendidikan?
7 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Evaluasi Program Pembelajaran
- Analisis Kebutuhan.
- Menentukan Tujuan Penilaian. ...
- Mengidentifikasi Kompetensi dan Hasil Belajar. ...
- Menyusun Kisi-Kisi. ...
- Mengembangkan Draf Instrumen. ...
- 6. Uji Coba dan Analisis Soal. ...
- 7. Revisi dan Merakit Soal.
Apa saja ruang lingkup evaluasi?
Ruang lingkup evaluasi dibedakan atas 4 kelompok, yaitu: a) evaluasi terhadap masukan (input) meliputi pemanfaatan berbagai sumber daya, sumber dana, tenaga dan sarana, b) evaluasi terhadap proses (process) dititikberatkan pada pelaksanaan program, apakah sesuai dengan rencana yang ditetapkan atau tidak, c) evaluasi
Apa saja langkah langkah yang dilakukan dalam evaluasi?
Langkah-langkah pokok dalam melakukan evaluasi adalah perencanaan, pengumpulan data, verifikasi data, analisa data, dan penafsiran data.
Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari evaluasi?
1. Untuk mengetahui tingkat penguasaan atau pemahaman seseorang terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. 2. Untuk mengetahui kesulitan atau rintangan yang dihadapi oleh seseorang dalam kegiatannya sehingga dengan diadakan evaluasi dapat membantu memecahkan masalah dan kesulitan yang dihadapi.
Mengapa kita perlu melakukan evaluasi?
Adapun sebuah manfaat terlaksananya evaluasi diantaranya yaitu : Mendapatkan sebuah pemahaman yang lebih baik dari hasil pembelajaran yang sudah terlaksana, Menjadikan salah satu keputusan tentang pelaksanaan maupun hasil pembelajaran, memberikan kualitas yang bagus bagi proses pembelajaran kedepannya.
Bagaimana jika pendidik tidak melakukan evaluasi dalam proses pembelajaran?
Evaluasi pembelajaran sangat penting dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik. Karena bila seorang pendidik tidak melakukan evaluasi, sama saja tenaga pendidik tersebut tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran.
Apa saja bentuk evaluasi belajar?
Jenis-jenis Evaluasi Pembelajaran
- Evaluasi diagnostik. Evaluasi. diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk menelaah.
- Evaluasi selektif. Evaluasi. ...
- Evaluasi penempatan. Eva;uasi. ...
- Evaluasi formatif.
- Evaluasi formatif. Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan. ...
- Evaluasi sumatif.
Aspek apa saja yang dapat dievaluasi dalam pembelajaran?
Terdapat tiga aspek dalam evaluasi pembelajaran, yang oleh Benjamin S. Bloom dinamkan Taksonomi Bloom, yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Ranah kognitif memiliki enam tingkatan, yakni pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi.
Syarat syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh evaluasi yang baik?
Suharsimi Arikunto (2008) mengumkapkan bahwa evaluasi bisa dilakukan dengan baik apabila memenuhi lima persyaratan berikut :
- Validitas.
- Reabilitas. ...
- 3.Objektivitas. ...
- Praktikabilitas. ...
- 5.Ekonomis.
Post a Comment for "Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Arikunto"